Sabtu, 28 April 2012

makalah memori

BAB I
PENDAHULUAN
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan instruksi. Semaki besar memori yang disediakan, maka semakin banyak data maupun instruksi yang dapat diolah.
Beberapa jenis memori adalah :
v  RAM:
RAM adalah ruang untuk mengolah data dan instruksi yang ditulis atau di baca oleh prosesor, dan bersifat sementara. Slot memori pada motherboard 30pin (kaki).
v  EDO-RAM (Extended Data Out)
EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 72pin.
v  SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)
SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 168pin.


v  DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous DRRAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu184pin.
v  RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.










BAB II

1.1.     Definisi Memori
Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM).
Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.
1.2   Sejarah Memori
Drum memori, bentuk awal dari memori komputer yang sebenarnya menggunakan drum sebagai bagian bekerja dengan data dimuat ke drum. Drum adalah silinder logam dilapisi dengan bahan ferromagnetic merekam. Drum juga memiliki sederet membaca-menulis kepala yang menulis dan kemudian membaca data yang disimpan. memori inti magnetik (ferrite-core memory) merupakan bentuk awal dari memori komputer. cincin keramik magnetik disebut core, disimpan informasi menggunakan polaritas medan magnet.
memori semikonduktor adalah komputer memori kita semua kenal, memori komputer pada sirkuit terpadu atau chip. Referered sebagai random-access memory atau RAM, ini memungkinkan data yang akan diakses secara acak, tidak hanya di urutan itu direkam. Dynamic random access memory (DRAM) adalah jenis yang paling umum random access memory (RAM) untuk komputer pribadi. Data chip DRAM memegang harus periodik segar. Static random access memory atau SRAM tidak perlu refresh.
v  Timeline Memory Komputer
o   Tahun 1834
Charles Babbage mulai membangun pemikiran Analytical Engine ", pendahulu" ke komputer. Ini hanya menggunakan memori baca dalam bentuk punch card .
o   Tahun 1932
Gustav Tauschek drum menciptakan memori di Austria.
o   Tahun 1936
Konrad Zuse berlaku untuk paten untuk memori mekanik untuk digunakan dalam komputer. Memori komputer ini didasarkan pada sliding bagian logam.
o   Tahun 1939
 Helmut Schreyer menciptakan sebuah memori prototipe menggunakan lampu neon.
o   Tahun 1942
The Atanasoff-Berry Computer memiliki 60-bit kata-kata 50 memori dalam bentuk kapasitor dipasang pada dua drum bergulir. Untuk memori sekunder menggunakan kartu punch.
o   Tahun 1947
Frederick Viehe Los Angeles, berlaku untuk sebuah paten untuk penemuan yang menggunakan memori inti magnetik. memori Magnetic drum secara independen ditemukan oleh beberapa orang.
• Sebuah Wang
Sebuah Wang menemukan pulsa magnetis mengontrol perangkat, asas yang memori inti magnetik berbasis.
• Kenneth Olsen
Kenneth Olsen menemukan komponen komputer penting, paling dikenal untuk "Magnetic Core Memory" Paten No 3161861 dan menjadi salah seorang pendiri Digital Equipment Corporation.
• Jay Forrester
Jay Forrester adalah seorang pelopor dalam pengembangan komputer digital awal dan menciptakan random-access, penyimpanan magnetik kebetulan-saat ini.
o   Tahun 1949
 Jay Forrester conceives ide memori inti magnetik seperti yang menjadi umum digunakan, dengan grid kabel yang digunakan untuk mengatasi core. Bentuk pertama yang memanifestasikan praktis dalam 1952-1953 dan membuat jenis sebelumnya usang memori komputer.
o   Tahun 1950
 Ferranti Ltd melengkapi komputer komersial pertama dengan 256 kata-kata 40-bit dari memori utama dan kata-kata 16K drum memori. Hanya delapan yang dijual.
o   Tahun 1951
 Jay Forrester file paten untuk memori inti matriks.
o   Tahun 1952
Komputer EDVAC dilengkapi dengan resolusi 1024 kata-kata 44-bit memori ultrasonik. Sebuah modul memori inti akan ditambahkan ke ENIAC komputer.
o   Tahun 1955
Sebuah Wang dikeluarkan paten AS # 2708722 dengan 34 klaim untuk core memori magnetis.
o   Tahun 1966
Hewlett-Packard rilis mereka HP2116A komputer real-time dengan 8K memori. Intel baru dibentuk mulai menjual chip semikonduktor dengan 2.000 bit memori.
o   Tahun 1968
USPTO memberikan hak paten 3.387.286 untuk IBM Robert Dennard untuk transistor DRAM sel-satu. DRAM singkatan dari Dynamic RAM (Random Access Memory) atau Dynamic Random Access Memory. DRAM akan menjadi chip memori standar untuk komputer pribadi mengganti memori inti magnetik.
o   Tahun 1969
Intel mulai sebagai desainer chip dan menghasilkan 1 KB chip RAM, berita terbaru chip memori terbesar. Intel segera beralih ke desainer terkenal menjadi mikroprosesor komputer.
o   Tahun 1970
Intel merilis chip 1103 , yang tersedia pertama umumnya DRAM chip memori.
o   Tahun 1971
Intel merilis chip 1101, memori diprogram 256-bit, dan chip 1701, memori 256-byte read-only bisa dihapus (EROM).
o   Tahun 1974
Intel menerima paten AS untuk "sistem memori untuk multichip komputer digital".
o   Tahun 1975
Personal pengguna komputer Altair dirilis, ia menggunakan-bit Intel 8080 8 prosesor dan termasuk 1 KB dari memori. Kemudian pada tahun yang sama, Bob Marsh produsen 4 Processor Technology papan pertama memori kB untuk Altair.
o   Tahun 1984
Komputer Apple merilis pribadi compututer Macintosh. Ini adalah komputer pertama yang datang dengan 128 KB memori. Chip memori satu megabyte dikembangkan.

1.3    Jenis-jenis Memori

Ø  Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:
1.3.1.      Register Prosesor
Register prosesor, dalam arsitektur komputer, adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Umumnya nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu
Register prosesor berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori: ini berarti bahwa kecepatannya adalah yang paling cepat; kapasitasnya adalah paling kecil; dan harga tiap bitnya adalah paling tinggi. Register juga digunakan sebagai cara yang paling cepat dalam sistem komputer untuk melakukan manipulasi data. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32-bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain.
Istilah register saat ini dapat merujuk kepada kumpulan register yang dapat diindeks secara langsung untuk melakukan input/output terhadap sebuah instruksi yang didefinisikan oleh set instruksi. untuk istilah ini, digunakanlah kata "Register Arsitektur". Sebagai contoh set instruksi Intel x86 mendefinisikan sekumpulan delapan buah register dengan ukuran 32-bit, tapi CPU yang mengimplementasikan set instruksi x86 dapat mengandung lebih dari delapan register 32-bit.
Register terbagi menjadi beberapa kelas:
  • Register data, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer).
  • Register alamat, yang digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
  • Register general purpose, yang dapat digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus.
  • Register floating-point, yang digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan titik mengambang (floating-point).
  • Register konstanta (constant register), yang digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read-only), semacam phi, null, true, false dan lainnya.
  • Register vektor, yang digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD.
  • Register special purpose yang dapat digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register.
  • Register yang spesifik terhadap model mesin (machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi prosesor.






v  Tabel berikit berisi ukuran register dan padanan prosesornya
Register
Prosesor
4-bit
8-bit
16-bit
Intel 8086, Intel 8088, Intel 80286
32-bit
Intel 80386, Intel 80486, Intel Pentium Pro, Intel Pentium, Intel Pentium 2, Intel Pentium 3, Intel Pentium 4, Intel Celeron, Intel Xeon, AMD K5, AMD K6, AMD Athlon, AMD Athlon MP, AMD Athlon XP, AMD Athlon 4, AMD Duron, AMD Sempron
64-bit
Intel Itanium, Intel Itanium 2, Intel Xeon, Intel Core, Intel Core 2, AMD Athlon 64, AMD Athlon X2, AMD Athlon FX, AMD Turion 64, AMD Turion X2, AMD Sempron

1.3.2.    RAM atau Random Access Memory
RAM (Random access memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
  Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.






Tipe umum RAM


( Gambar 1.1 Tipe umum RAM )

Beberapa jenis RAM. Dari atas ke bawah: DIP, SIPP, SIMM 30 pin, SIMM 72 pin, DIMM, DDR DIMM.
a.      Tipe tidak umum RAM


b.      Produsen peringkat atas RAM

1.3.3.    Cache Memory (SRAM) (Static RAM)
Cache berasal dari kata cash. Dari istilah tersebut cache adalah tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara. Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menympan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.Cache memori ini adalah memori tipe SDRAM yang memiliki kapasitas terbatas namun memiliki kecepatan yang sangat tinggi dan harga yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ini terletak antara register dan RAM (memori utama) sehingga pemrosesan data tidak langsung mengacu pada memori utama.
Ø  Level Cache Memory
Cache Memory ada tiga level yaitu L1,L2 dan L3. Tembolok memori level 1 (L1) adalah tembolok memori yang terletak dalam prosesor (cache internal). Tembolok ini memiliki kecepatan akses paling tinggi dan harganya paling mahal. Ukuran memori berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb dan 128Kb.Tembolok level 2 (L2) memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu berkisar antara 256Kb sampai dengan 2Mb. Namun tembolok L2 ini memiliki kecepatan yang lebih rendah dari tembolok L1. Tembolok L2 terletak terpisah dengan prosesor atau disebut dengan cache eksternal. Sedangkan tembolok level 3 hanya dimiliki oleh prosesor yang memiliki unit lebih dari satu misalnya dualcore dan quadcore. Fungsinya adalah untuk mengontrol data yang masuk dari tembolok L2 dari masing-masing inti prosesor.
Ø  Cara Kerja Cache Memory
Jika prosesor membutuhkan suatu data, pertama-tama ia akan mencarinya pada tembolok. Jika data ditemukan, prosesor akan langsung membacanya dengan delay yang sangat kecil. Tetapi jika data yang dicari tidak ditemukan,prosesor akan mencarinya pada RAM yang kecepatannya lebih rendah. Pada umumnya, tembolok dapat menyediakan data yang dibutuhkan oleh prosesor sehingga pengaruh kerja RAM yang lambat dapat dikurangi. Dengan cara ini maka memory bandwidth akan naik dan kerja prosesor menjadi lebih efisien. Selain itu kapasitas memori cache yang semakin besar juga akan meningkatkan kecepatan kerja komputer secara keseluruhan.
Dua jenis tembolok yang sering digunakan dalam dunia komputer adalah memory caching dan disk caching. Implementasinya dapat berupa sebuah bagian khusus dari memori utama komputer atau sebuah media penyimpanan data khusus yang berkecepatan tinggi. Implementasi memory caching sering disebut sebagai memory cache dan tersusun dari memori komputer jenis SDRAM yang berkecepatan tinggi. Sedangkan implementasi disk caching menggunakan sebagian dari memori komputer.
Ø  Stuktur sistem tembolok
Memori utama terdiri dari sampai dengan 2n word beralamat, dengan masing-masing word mempunyai n-bit alamat yang unik. Untuk keperluan pemetaan, memori ini dinggap terdiri dari sejumlah blok yang mempunyai panjang K word masing-masing bloknya. Dengan demikian, ada M = 2n/K blok. Cache terdiri dari C buah baris yang masing-masing mengandung K word, dan banyaknya baris jauh lebih sedikit dibandingkan dengan banyaknya blok memori utama (C << M). Di setiap saat, beberapa subset blok memori berada pada baris dalam cache. jika sebuah word di dalam blok memori dibaca, blok itu ditransfer ke salah satu baris cache. karena terdapat lebih banyak blok bila dibanding dengan baris, maka setiap baris tidak dapat menjadi unik dan permanen untuk dipersempahkan ke blok tertentu mana yang disimpan. Tag biasanya merupakan bagian dari alamat memori utama.
Ø  Elemen-elemen penting dari rancangan memory cache adalah sebagai berikut:
  • Ukuran cache, disesuaikan dengan kebutuhan untuk membantu kerja memori. Semakin besar ukuran cache semakin lambat karena semakin banyak jumlah gerbang dalam pengalamatan cache.
  • Fungsi Pemetaan (Mapping), terdiri dari Pemetaan Langsung, Asosiatif, Asosiatif Set.Pemetaan langsung merupakan teknik yang paling sederhana, yaitu memetakkan masing-masing blok memori utama hanya ke sebuah saluran cache saja. Pemetaan asosiatif dapat mengatasi kekurangan pemetaan langsung dengan cara mengizinkan setiap blok memori utama untuk dimuatkan ke sembarang saluran cache.Hal ini menurut artikel dari Yulisdin Mukhlis, ST., MT
  • Algoritma Penggantian, terdiri dari Least Recently Used (LRU), First in First Out (FIFO), Least Frequently Used (LFU), Acak. Algoritma penggantian digunakan untuk menentukan blok mana yang harus dikeluarkan dari cache untuk menyiapkan tempat bagi blok baru. Ada 2 metode algoritma penggantian yaitu Write-through dan Write-back.Write-through adalah Cache dan memori utama diupdate secara bersamaan waktunya. Sedangkan Write-back melakukan update data di memori utama hanya pada saat word memori telah dimodifikasi dari cache.
  • Ukuran blok, blok-blok yang berukuran Iebih besar mengurangi jumlah blok yang menempati cache. Setiap pengambilan blok menindih isi cache yang lama, maka sejumlah kecil blok akan menyebabkan data menjadi tertindih setelah blok itu diambil. Dengan meningkatnya ukuran blok, maka jarak setiap word tambahan menjadi lebih jauh dari word yang diminta,sehingga menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk di perlukan dalam waktu dekat.(Dikutip dari artilek milik Yulisdin "Mukhlis, ST., MT")
  • Line size, Jumlah cache, Satu atau dua dua tingkat, kesatuan atau terpisah

1.3.4.    Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
Dynamic random-access memory (DRAM) adalah jenis memori acak-akses yang menyimpan setiap bit data dalam terpisah kapasitor dalam suatu sirkuit terpadu. Kapasitor dapat berupa dibebankan atau habis; kedua negara diambil untuk mewakili dua nilai sedikit, secara konvensional disebut 0 dan 1. Karena kapasitor bocor, informasi yang akhirnya hilang kecuali kapasitor itu disegarkan secara berkala. Karena kebutuhan dalam penyegaran, itu adalah memori dinamis dibandingkan dengan SRAM dan memori statis lainnya.
Memori utama ("RAM") di komputer pribadi adalah Dynamic RAM (DRAM). Ini adalah RAM di laptop dan workstation komputer serta beberapa RAM video game konsol. Keuntungan dari DRAM adalah kesederhanaan struktural: hanya satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat atau enam transistor di SRAM. Hal ini memungkinkan DRAM untuk mencapai sangat tinggi kepadatan . Tidak seperti memori flash , DRAM adalah memori volatile (bdk. memori non-volatile ), karena kehilangan datanya cepat ketika daya dihilangkan. Transistor dan kapasitor yang digunakan sangat kecil; miliaran dapat muat pada satu chip memori.
DRAM pertama dengan baris multiplexing dan garis kolom alamat adalah Mostek MK4096 (4096x1) yang dirancang oleh Robert Proebsting dan diperkenalkan pada tahun 1973. Skema pengalamatan, kemajuan yang radikal, memungkinkannya untuk masuk ke dalam paket dengan pin yang lebih sedikit, keunggulan biaya yang tumbuh dengan setiap lonjakan ukuran memori. MK4096 terbukti menjadi desain yang sangat kuat untuk aplikasi pelanggan. Pada kepadatan 16K, keuntungan biaya meningkat, Mostek MK4116 16K DRAM, diperkenalkan pada tahun 1976, mencapai lebih besar dari 75% pangsa pasar DRAM di seluruh dunia. Namun, seperti kepadatan meningkat menjadi 64K di awal 80-an, Mostek disusul oleh produsen DRAM DRAM Jepang menjual kualitas yang lebih tinggi menggunakan skema multiplexing yang sama di bawah biaya harga

Magnetic disk adalah DASD pertama yang dibuat oleh industri komputer. Penyimpanan magnetik (bahasa Inggris: Magnetic disk) merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.Magnetik Disk (Piringan Magnetik) terbuat dari satu atau lebih piringan hitam metal atau plastik dan permukaannya dilapisi lapisan iron-oxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary.
 Piringan magnetik yang terbuat dari plastik dan sebuah piringan disebut dengan floppy disk (micro disk dan mini disk), yang terbuat dari metal dan banyak piringan disebut hard disk.
►Lapiran dasar biasanya berbahan
*Alumunium
* Alumunium Alloy
* Kaca
► Bahan kaca memberikan manfaat antara lain
* Meningkatkan reliabilitas disk
* Mengurangi R/W error
* Kemampuan untuk mendukung kerapatan tinggi
* Kekakuan yang lebih baik untuk mengurangi dinamisasi disk
* Kemampuan menahan goncangan dan kerusakan
Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah Flopy Disk, IDE Disk, dan SCSI Disk. Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head.
1.      Head Magnetic Disk
Head disk ini sendiri merupakan sebuah koil induksi yang menggantung diatas permukaan dan tertahan pada sebuah bantalan udara, kecuali pada flopy disk dimana head disk menyentuh ke permukaan.
a. Gerakan Head
( Gambar 1.2 Gerakan Head )
Pada head tetap setiap track memiliki kepala head sendiri, sedangkan pada head bergerak, satu kepala head digunakan untuk beberapa track dalam satu muka disk.
Pada head bergerak adalah lengan head bergerak menuju track yang diinginkan berdasarkan perintah dari disk drive-nya.

Sistem kerja dari head ini adalah ketika arus + ataupun arus – melewati head, maka akan menimbulkan sebuah medan magnet yang nantinya akan menarik dari head tersebut. Head akan bergerak ke kiri atau kekanan tergantung dari polaritas arus drive tersebut.Untuk membacanya, ketika head tersebut melewati sebuah daerah magnet maka sebuah arus + dan – dimunculkan dari head dan ini memungkinkan untuk membaca bit-bit yang telah disimpan sebelumnya.
Urutan melingkar bit bit ditulis ketika disk melakukan suatu putaran penuh yang disebut dengan track. Setiap track dibagi dalam sector-sektor yang memilik panjang tetap dan berisi 512 byte data. Namun didahului dengan proses sinkronisasi head sebelum menulis dan membaca. Semakin banyak data yang ditulis atau dibaca maka putarannya juga akan semakin rapat. Namun dengan kondisi seperti itu maka peluang error bacanya juga semakin tinggi.
 Semua disk mempunyai lengan yang mampu bergerak keluar masuk pada kumparan dan piringan yang berputar sehingga terbentuk jarak-jarak radial yang berbeda. Pada setiap radial yang berbeda dapat ditulis. Track track itu sendiri merupakan serangkaian lingkaran konsentrik di sekitar kumparan. Lebar sebuah track tergantung pada headnya dan seberapa akurat head tersebut ditempatkan secara radial. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya blok lebih kecil kapasitasnya daripada track. Blok – blok data disimpan dalam disk yang berukuran blok, yang disebut sector.Track biasanya terisi beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya.
b. Mekanisme Head

                                           ( Gambar 1.3 Mekanisme Head )
Head yang menyentuh disk (contact) seperti pada floppy disk, head yang mempunyai celah utara tetap maupun yang tidak tetap tergantung medan magnetnya. Celah atau jarak head dengan disk tergantung kepadatan datanya, semakin padat datanya dibutuhkan jarak head yang semakin dekat, namun semakin dekat head maka faktor resikonya semakin besar,yaitu terjadinya kesalahan baca.
Teknologi Winchester dari IBM mengantisipasi masalah celah head diatas dengan model head aerodinamik. Head berbentuk lembaran timah yang berada dipermukaan disk apabila tidak bergerak, seiring perputaran disk maka disk akan mengangkat headnya. Istilah Winchester dikenalkan IBM pada model disk 3340-nya. Model ini merupakan removable disk pack dengan head yang dibungkus di dalam pack. Sekarang istilah Winchester digunakan oleh sembarang disk drive yang dibungkus pack dan memakai rancangan head aero dinamis.
Istilah Winchester dikenalkan IBM pada model disk 3340-nya. Model ini merupakan removable disk pack dengan head yang dibungkus di dalam pack. Sekarang istilah Winchester digunakan oleh sembarang disk drive yang dibungkus pack dan memakai rancangan head aerodinamis.

perangkat penyimpanan optik. Apa itu perangkat penyimpanan optik? Perangkat penyimpanan optik adalah perangkat penyimpanan data yang menyimpan data sebagai pola titik-titik yang dapat dibaca dengan menggunakan cahaya laser. Data yang disimpan dalam medium penyimpanan optik dibaca dengan memantulkan sinar laser terhadap permukaan medium penyimpanan data. Bila memang sinar tersebut mengenai titik di mana data disimpan, maka sinar tersebut akan dipantulkan kembali secara berbeda, untuk memberitahukan bahwa di sana ada titik yang berisi data. Nah, dengan cara seperti inilah, data dapat dibaca dari dalam medium.
Titik-titik tersebut dapat dibuat dengan menggunakan sinar laser pula, untuk semua media penyimpanan optik yang mampu ditulisi, seperti halnya Compact Disk Recordable (CD-R). Sinar ini umumnya menggunakan daya yang tinggi agar dapat memberikan titik-titik data dalam medium yang hendak ditulisi. Orang-orang menyebut proses ini sebagai proses “burning”, karena memang kita sedang “membakar” medium dengan laser. Medium penyimpanan optik biasanya berbentuk cakram, sehingga banyak berbentuk piringan.

Ø  Berikut ini adalah beberapa media penyimpanan optik:
    1. Compact Disk
    2. Digital Versatile Disk (DVD)
    3. DVD Random Access Memory (DVD RAM)
    4. BluRay Disk (BDD)
    5. High Density Digital Versatile Disk (HD-DVD).
Masing-masing medium di atas terbagi ke dalam beberapa kategori, tergantung pada sifatnya, apakah bisa ditulisi ulang atau tidak. Medium yang dapat ditulisi, ditambah dengan sebutan “Recordable” , sehingga menjadi CD-R, DVD-R, BDD-R, dan HD-DVD-R. Untuk medium yang hanya bisa dibaca, ditambah dengan sebutan , Read Only Memory, sehingga menjadi CD-ROM, DVD-ROM, BDD-ROM, dan HD-DVD-ROM. Sementara itu, untuk medium yang bisa ditulisi ulang, diberi tambahan “Rewritable”, sehingga menjadi CD-RW, DVD RW, BDD-RW, dan HD-DVD-RW. Khusus untuk media DVD, ada juga istilah “Random Access Memory”, sehingga menjadi DVD RAM, meski kini jarang dipakai.
a.         Compact Disk
Compact Disk adalah medium penyimpanan optik yang mampu menyimpan data hingga kapasitas 800 Megabyte. Tergantung jenis mediumnya, tapi yang umumnya kita jumpai adalah CD-ROM yang berarti data yang ada di dalamnya tidak dapat diubah, sehingga tidak dapat dihapus atau ditulisi ulang. CD-ROM bersifat non-volatile, banyak digunakan untuk menyimpan banyak jenis data, mulai dari jenis data biasa, software, game, musik, hingga buku elektronika.
b.    Digital Versatile Disk (DVD)
Digital Versatile Disk (DVD) adalah sebuah medium penyimpanan optik berbentuk cakram yang mampu menyimpan data hingga 4,7 Gigabyte untuk setiap lapisnya (layer), dengan ukuran cakram yang mirip dengan compact disk. Satu keping DVD mampu menampung hingga 4 lapis yang terbagi dalam dua sisi (bolak-balik), hingga muncullah  single-side single-layer, single-side dual-layer, dual-side single-layer, dan dual-side dual-layer. Seperti halnya compact disk, DVD juga bersifat random access.
 
( Gambar 1.4 DVD )
DVD banyak digunakan untuk menyimpan film, sehingga ada plesetan singkatan DVD, menjadi Digital Video Disk. Kini, format DVD untuk film mulai digantikan dengan format Blu-Ray Disk yang mampu menyimpan data dalam kapasitas yang jauh lebih besar.

Ø  Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah keping DVD:
§  DVD mampu memainkan video digital dengan kualitas yang tinggi selama 2 jam penuh. Bahkan untuk satu keping dual-side dual-layer mampu memainkan video digital dengan kualitas yang sama selama 8 jam penuh
§  DVD juga mendukung film yang menggunakan layar widescreen (yang memiliki rasio 16:9), selain tentunya format letterbox (yang memiliki rasio 4:3).
§  DVD mampu menyimpan semua filmnya dalam 9 angle kamera yang berbeda.
§  DVD mampu menyimpan 32 judul lagu karaoke.
§  DVD mampu menyimpa 8 track Digital audio dalam berbagai bahasa, yang masing-masing memiliki delapan channel (berformat 7.1).
§  DVD mampu memberikan on-screen menu dan fitur-fitur interaktif seperti behind the scene, games, gallery, interview  dan masih banyak lagi.
§  DVD dapat memuat video digital dengan berbagai bahasa, mulai dari percakapan, subtitle, nama lagu, dan sebagainya.
§  Rewind dan Foward yang lebih instant. Atau bahkan memilih lewat Chapter dan waktu (time code).
§  DVD lebih tahan lama dari CD, sebab data dalam DVD tidak semudah rusak data dalam CD. Selain itu DVD juga lebih tahan terhadap panas.


c.       DVD Random Access Memory
( Gambar 1.5 DVD RAM )
DVD RAM adalah salah satu tipe dari medium DVD yang mampu ditulisi ulang. Biasanya DVD RAM dilindungi dengan cangkang plasting seperti halnya floppy disk untuk melindunginya dari goresan. Kapasitas DVD-RAM sama saja dengan DVD. DVD RAM banyak digunakan pada kamera perekam video camcorder.
d.      Blu-Ray Disk
Blu-Ray Disk adalah pengganti DVD untuk menyimpan data (dan tentu saja film) yang lebih besar lagi. Satu keping Blu-Ray mampu menyimpan 25 GB hingga 50 GB untuk satu lapisnya, sehingga medium dual-layer mampu menyimpan dua kali lebih besar.Seperti halnya DVD, Blu-Ray Disk adalah medium yang bersifat random access.
 ( Gambar 1.6 Blu-Ray Disk )
 Karena mampu menyimpan data dengan kapasitas yang lebih besar, maka Blu-Ray Disk dapat menyimpan film dengan kualitas yang lebih baik daripada DVD, dan bahkan mampu menyimpan video berdefinisi tinggi (High-Definition).
Kata “Blu” dalam “Blu-Ray” merujuk pada fakta bahwa laser yang digunakan oleh Blu-Ray adalah berwarna biru, ketimbang warna merah seperti yang digunakan oleh Compact Disk atau Digital Versatile Disk. Karena menggunakan warna biru yang memiliki panjang gelombang lebih pendek daripada warna merah, maka kapasitas yang besar pun menjadi mungkin.
e.    High-Density Digital Versatile Disk (HD-DVD)
High-Density Digital Versatile Disk adalah medium penyimpanan yang direncanakan sebagai pengganti DVD, namun kalah bersaing dengan Blu-Ray. Sekeping HD-DVD mampu menyimpan data sebesar 15 GB untuk setiap lapisnya. Akibat kalah bersaing dengan Blu-Ray, medium ini pun tidak begitu laku di pasaran dan akhirnya ditinggalkan. Sama seperti DVD, HD-DVD juga banyak digunakan untuk menyimpan film dalam definisi tinggi berkualitas tinggi pula.
1.3.7.    Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)
Read-only Memory adalah istilah untuk media penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.
( Gambar 1.7  ROM )
Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras). Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit.


1.3.8.     Flash Memory
( Gambar 1.8 Flash Memory )
Memori kilat (flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.
1.3.9.      Punched Card (kuno)
Sebuah kartu punch, punch card, IBM kartu, atau kartu Hollerith adalah sepotong kertas kaku yang berisi digital informasi diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang di posisi yang telah ditetapkan. Sekarang sebuah usang media perekam , kartu menekan secara luas digunakan di seluruh abad ke-19 untuk mengendalikan alat tenun tekstil dan dalam ke-19 dan awal abad 20 untuk operasi organ pasar malam dan instrumen terkait. Mereka digunakan melalui abad ke-20 di mesin rekor satuan untuk masukan, pengolahan, dan penyimpanan data . Awal komputer digital digunakan kartu menekan, sering disusun dengan menggunakan keypunch mesin, sebagai media utama untuk input dari kedua program komputer dan data yang . Beberapa mesin suara menggunakan kartu punched.
Gambar diatas adalah Sebuah 80-kolom kartu punch dari jenis yang paling banyak digunakan di abad 20. Ukuran kartu adalah 7 3/8 × 3 1/4 di (187,325 mm x 82,55 mm). Contoh ini menampilkan 1964 EBCDIC set karakter, yang menambahkan karakter khusus untuk pengkodean sebelumnya.
1.4.  Penemu Memori Komputer
Penemu RAM Pertama Robert Dennard (lahir 5 September, 1932) adalah seorang insinyur listrik Amerika dan penemu. Dennard lahir di Terrell, Texas, AS. Dia menerima gelar B.S. dan M.S. Teknik Elektro dari Southern Methodist University, Dallas, pada tahun 1954 dan 1956, masing-masing. Dia mendapatkan gelar Ph.D. dari Institut Teknologi Carnegie di Pittsburgh, Pennsylvania, pada tahun 1958. karir profesionalnya dihabiskan sebagai peneliti for International Business Machines.
Pada tahun 1968, dia menciptakan dynamic random access memory (DRAM). Dennard juga termasuk orang pertama untuk mengenali potensi yang luar biasa dari perampingan MOSFET. Teori scaling ia dan rekan-rekannya dirumuskan pada tahun 1974 pada dasarnya mengamati bahwa MOSFET akan terus berfungsi sebagai saklar tegangan yang dikendalikan sementara semua tokoh kunci seperti kepadatan jasa tata letak, kecepatan operasi, dan efisiensi energi akan meningkatkan disediakan dimensi geometris, tegangan, dan doping konsentrasi yang konsisten bersisik seperti untuk mempertahankan medan listrik yang sama. Properti ini mendasari Hukum Moore dan evolusi mikroelektronik selama beberapa dekade terakhir.
Description: http://3.bp.blogspot.com/-b6p2ExgNXcM/TWV9Vo16umI/AAAAAAAAAE8/5m59AWaSUeI/s1600/225px-Robert_Dennard.jpg
( Gambar 1.10 foto Robert Dennard )
Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND)
Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi

1.5.   Fungsi Dan Manfaat Memori
Memory berfungsi untuk menyimpan data. Kecuali memory sekunder (harddisk), memory juga menyimpan instruksi komputer dari program yang sedang dijalankan. Ada beberapa jenis memory berdasarkan tingkat kecepatannya :
  1. register
  2. cache memory
  3. main memory
  4. memory sekunder
Register berada pada processor atau dapat dikatakan sebagai memory internal processor, merupakan jenis memory yang paling cepat. Cache Memory merupakan memory perantara untuk meningkatkan kecepatan komputer. Sedangkan Memory Sekunder lebih ditujukan pada penyimpanan data dalam jangka panjang contohnya harddisk.
Main Memory disebut memory utama karena digunakan sebagai ruang memory utama untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang berjalan. Setiap komputer memiliki RAM dalam ukuran tertentu. Semakin besar ukuran RAM, semakin banyak instruksi dan data yang dapat disimpan pada satu saat. Memory diukur dalam satuan Byte. Processor mengambil data dan instruksi dari RAM, memprosesnya dan menuliskan data baru kembali ke RAM dalam siklus yang berulang – ulang. Kegiatan pemindahan data antara processor dan RAM terjadi jutaan kali perdetik.
Berdasarkan cara penyimpanan data, RAM terbagi menjadi 2 yaitu Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM). Static RAM dapat mempertahankan data didalamnya tanpa perlu disegarakan secara berkala. Sedangkan Dynamic RAM perlu disegarkan secara berkala untuk mempertahankan isinya. Penyegaran berkala tersebut membuat DRAM lebih lambat daripada SRAM.

1.6    kelebihan Dan Kekurangan Memori
v  Kelebihan memori adalah sebagai berikut:
1.      Dapat menyimpan data dengan mudah dan praktis
2.      Membuat penyimpanan data sehingga tidak memerlukan banyak tempat.
3.      Memori seperti flashdisk mudah dibawa kemana-mana.
4.      Ukuran memori yang kecil dapat menampung data yang sangan besar sesuai kapasitas memori.
5.      Bentu, jenis, kapasitas dan ukuran beragam sesuai yang kita butuhkan.



v  Kekurangan memori adalah sebagai berikut:
1.      Harga memori terlalu mahal menurut golongan masytarakat menengah kebawah.
2.      Memori digunakan hanya oleh golongan tertentu saja. Kurangnya sosialisasi penggunaan memori sehingga sulit untuk digunakan oleh orang awam.
3.      Data dapat hilang bila memori rusak atau terkena virus dan sebagainya.











BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

1.1 Kesimpulan
Dengan proses pembuatan makalah ini, dapat disimpulkan adanya kemajuan perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, maka penulis menyimpulkan sebagai berikut :
¨ Cepetnya perkembangan teknologi tidak seiring dengan penikngkatan pendidikan terhadap masyarakat yang kurang mampu .
¨ banyaknya akses yang dapat mempermudah seseorang dalam melakukan pekerjaan.
1.2 Saran
¨ Perlunya pelatihan diadakan terhadap teknologi computer.
¨ Perlunya pengenalan alat-alat computer yang sedang dipelajari di praktekan secara langsung cara kerjanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar